. F BY,, SOFYAN HARUS SEMANGAT ~ Selayang Pandang

Jumat, 15 Juli 2011

BY,, SOFYAN HARUS SEMANGAT

Harapan dan impian adalah dua hal yang memegang peranan penting dalam pengajaran kehidupan manusia. Manusia harus dan pasti memiliki sebuah harapan. Harapan yang mendorong dia pribadi merubah dunianya dan dunia orang lain. Harapan untuk dapat merubah dunia. Harapan adalah kebutuhan ontologis manusia. Kebutuhan dasariah yang tidak dapat dihilangkan dalam hidup manusia. Harapan yang memungkinkan diri dan hidupnya dapat berjalan menuju sebuah titik kebaikan dan keutuhan hidup. Dengan kata lian, harapan dibutuhkan dan diperlukan sebagai tenaga terdalam untuk sebuah proses perubahan dan pembangunan hidup yang lebih baik.
Proses berharap harus menjadi sebuah proses yang tiada henti mewujudkan atau menerapkan tujuan harapan itu. Dengan kata lain, harapan perlu diberi bentuk dan diusahakan terwujud dalam hidup. Tanpa sebuah proses pengusahaan harapan, harapan menjadi sebuah impian kosong yang membuaikan dan memabukan diri. Harapan akan menjadi tong kosong.
Harapan menjadi sesuatu yang penting ketika manusia menghadapi situasi batas. Situasi yang mencekik dan menguritai manusia dalam persoalan, permasalahan, dan penderitaan. Singkatnya, tiada nafas yang mampu ditarik dalam situasi keberadaan titik terendah hidup manusia. Situasi gelap yang mencekam dan menakutkan. Situasi sulit untuk teratasi. Pada titik nadir kehidupan manusia itu, harapan diperlukan. Harapan diperlukan untuk keluar dari situasi batas. Dengan setitik cahaya harapan, pribadi dapat berpikir dan mencari upaya dan usaha bagaimana mendekati dan memutuskan persoalan tanpa sebuah keputusasaan. Harapan yang mengajak dan mengajarkan bahwa ada sesuatu yang menanti di depan sana, masa depan dengan terpecahnya problem itu.
Impian juga merupakan hal penting dalam usaha manusia mewujudkan diri yang otentik sebagai manusia. Impian adalah sifat manusia yang hakiki untuk sungguh menjadi manusia. Tidak ada sebuah perubahan tanpa diawali sebuah impian, dan tiada sebuah impian tanpa sebuah harapan. Impian membuat manusia senantiasa berpikir maju mengatasi situasi konkrit yang membelenggu dan mengikat dirinya.Impian terjadi karena pribadi mempunyai harapan. Maka prosesnya adalah pribadi mempunyai harapan lalu bermimpi, dan akhirnya bertindak untuk mewujudkan impian itu. Panggilan kita dalam dunia ini adalah menjadi pembuka pintu kesempatan dan menumbuhkan harapan serta memperkembangkan impian pribadi yang berada di sekitar kita

ingatkan aku jika mungkin aku ...terlalu baik padamu
sehingga itu mengganggumu, mengusikmu
mencampuri setiap urusan dalam hidupmu

Tegurlah aku jika aku terlalu berharap banyak padamu
Ingatkan aku, jika ku terlupamenganggap dirimu satu-satunya mimpiku

karena semua tak pernah luput dari kenyataan,, bahwa kita akan selalu tertawa.
Sempurna bukan milik kita namun kamu akan selalu ada untuk ku temani dan lengkapi semua hidup ku dengan indah
Dengan 1000 harapan dan mimpi yang ga akan pernah luput dari setiap kehendak Sang Maha Pencipta.

Dengan segala kerendahan hati, aku mohon...
hanya pada mu Sang Ilahi aku memohon
bangunkan aku dari setiap harapan ku dan impianku jika itu di luar batas kemampuan ku.

0 komentar:

Posting Komentar